Berita

Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021

Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021

Read Offline:

Bappeda Kabupaten Tolitoli Selasa (28/1/2020) melaksanakan Forum Konsultasi Publik dalam rangka membahas Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 bertempat di Suwot molripakatan (aula Bappeda Kabupaten Tolitoli). Kegiatan ini buka secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli, H. Abdul Rahman Hi. Budding dan dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural Bappeda Kabupaten Tolitoli, Perangkat Daerah, perwakilan masyarakat dan perguruan tinggi.

Konsultasi publik tahun ini mengangkat tema Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 “ PENINGKATAN INFRASTRUKTUR DAERAH DAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN EKONOMI BERKUALITAS DAN DAYA SAING DAERAH “ dan menetapkan 11 (sebelas) prioritas pembangunan daerah :

  1. Penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan masyarakat;
  2. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan pada semua tingkatan serta pemenuhan tenaga pendidik di wilayah kecamatan;
  3. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan serta pemerataan distribusi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan;
  4. Optimalisasi pelayanan publik dan Menguatkan tata-kelola pemerintahan yang baik dan bersih;
  5. Pembangunan Ruang Publik dan Ruang Terbuka Hijau;
  6. Peningkatan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur pertanian, perikanan;
  7. Peningkatan kualitas infrastruktur irigasi, jalan dan jembatan dan fasilitas umum lainnya;
  8. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pulau-Pulau Kecil, Terpencil dan Terdepan;
  9. Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Daerah;
  10. Meningkatkan kapasitas pengelolaan masalah perkotaan, lingkungan hidup, dan bencana alam;
  11. Mendorong Penumbuhan Investasi Swasta Padat Karya.

Wakil Bupati Tolitoli Hi. Abdul  Rahman Hi. Budding dalam sambutannya mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) pasal 3 ayat (2) menyatakan bahwa pemerintah daerah diwajibkan untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan secara terpadu sesuai dengan kewenangannya. Salah satu dokumen perencanaan pembangunan daerah yang wajib disusun tersebut adalah dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang disebut dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau yang disingkat RKPD adalah dokumen tahunan yang wajib disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, pengannggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Terkait dengan kegiatan Forum Konsultasi Publik, Wakil Bupati Tolitoli H. Abdul Rahman Hi. Budding mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 pasal 80 disebutkan bahwa rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam Forum Koonsultasi Publik untuk memperolah masukan dan saran penyempurnaan. Masukan dan saran tersebut dirumuskan dalam Berita Acara kesepakatan dan ditandatangani oleh Kepala Bappeda dan Kepala Perangkat Daerah serta perwakilan masyarakat. Rancangan awal RKPD yang telah disusun oleh Tim Penyusun RKPD disusun dengan mendasari hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan nasiona dan arah kebijakan Provinsi Sulawesi Tengah, serta mempertimbangkan sinergitas antar sektor dan antar wilayah serta program kerja BUpati dan wakil Bupati sebagaimana tertuang dalam Perubahan RPJMD Kabupaten Tolitoli Tahun 2016 – 2021.

Pada pleno II kegiatan Forum Konsultasi Publik dilakukan pembahasan terkait rancangan awal RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli,  Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si dan sebagai moderator, serta Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli, Crisman Isol, SE sebagai pembicara dalam memaparkan isi dokumen Rancangan RKPD Tahun 2021. Kepala Bappeda Kab. Tolitoli dalam pemaparannya menyampaikan terkait capaian indikator kinerja Kabupaten Tolitoli sampai dengan tahun 2018 dan proyeksi serta target indikator Kinerja Tahun 2020 dan 2021. Pada pleno II tersebut juga dilakukan pembahasan dalam bentuk tanya jawab sebagai saran dan masukan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tahun 2021.@h&

Read Offline:
Posted in