Berita

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2020

Forum Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2020

Read Offline:

 

Tolitoli – Dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah atau biasa disebut RENJA PD merupakan dokumen perencanaan tahunan yang wajib disusun oleh Perangkat Daerah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Hal ini menjadi pengantar sambutan Bupati Tolitoli yang disampaikan oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Ir. Muh. Nur Munawar saat membuka acara Forum Perangkat Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2020, Senin (24/2/2020) bertempat di Suwot Molripakatan (aula Bappeda Kabupaten Tolitoli). Forum Perangkat Daerah Tahun 2020 dilaksanakan sebagai bahan penyusunan Rancangan Renja Perangkat Daerah Tahun 2021.

Ir. Nur Munawar juga mengatakan bahwa Renja Perangkat Daerah tersebut dibahas bersama dengan pemangku kepentingan dalam Forum Perangkat Daerah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran. Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2021 disusun dengan mendasari hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan nasiona dan arah kebijakan Provinsi Sulawesi Tengah, serta mempertimbangkan sinergitas antar sektor dan antar wilayah sebagaimana tertuang dalam Rancangan RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021. Selain itu penyusunan Renja PD juga harus memperhatikan program dan kegiatan prioritas yang diusulkan melalui kegiatan musrenbang baik tingkat desa maupun tingkat kecamatan. Untuk memfokuskan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai tahun 2021 sebagimana tertuang dalam rancangan RKPD Kab. Tolitoli Tahun 2021, Pemerintah Daerah mengangkat tema pembangunan “ PENINGKATAN INFRASTRUKTUR DAERAH DAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN EKONOMI BERKUALITAS DAN DAYA SAING DAERAH “ dan menetapkan 11 (sebelas) prioritas pembangunan daerah :

  1. Penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pendapatan masyarakat;
  2. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan pada semua tingkatan serta pemenuhan tenaga pendidik di wilayah kecamatan;
  3. Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan serta pemerataan distribusi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan;
  4. Optimalisasi pelayanan publik dan Menguatkan tata-kelola pemerintahan yang baik dan bersih;
  5. Pembangunan Ruang Publik dan Ruang Terbuka Hijau;
  6. Peningkatan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur pertanian, perikanan;
  7. Peningkatan kualitas infrastruktur irigasi, jalan dan jembatan dan fasilitas umum lainnya;
  8. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pulau-Pulau Kecil, Terpencil dan Terdepan;
  9. Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Daerah;
  10. Meningkatkan kapasitas pengelolaan masalah perkotaan, lingkungan hidup, dan bencana alam;
  11. Mendorong Penumbuhan Investasi Swasta Padat Karya.

Selain pembacaan sambutan Bupati Tolitoli oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Ir. Muh. Nur Munawar, juga di sampaikan sambutan Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Pengendalian Pembangunan, Fahsant Saleng, ST.

Kegiatan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dalam bentuk desk yang dibagi ke dalam 5 (lima) desk yaitu; desk perekonomian, desk infrastruktur, desk sosial budaya 1, desk sosial budaya 2, dan desk sosial budaya 3. Pembahasan dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi e planning terkait usulan musrenbang serta pokok-pokok pikiran DPRD yang sudah terinput dalam aplikasi e planning yang akan disesuaikan dengan kebijakan Renja PD tahun 2021. Adapun peserta Forum Perangkat Daerah adalah DPRD, seluruh pejabat struktural pada perangkat daerah, utusan kecamatan serta Bappeda Kabupaten Tolitoli sebagai tim verifikasi Renja PD. (@h&)

Read Offline:
Posted in