Berita

Musrenbang Kabupaten Tolitoli Tahun 2020 Mengangkat Tema RKPD Tahun 2021 “Peningkatan Infrastruktur Daerah dan Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas dan Daya Saing Daerah”

Musrenbang Kabupaten Tolitoli Tahun 2020 Mengangkat Tema RKPD Tahun 2021 “Peningkatan Infrastruktur Daerah dan Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas dan Daya Saing Daerah”

Read Offline:

Tolitoli – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Tolitoli melaksanakan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Tolitoli Tahun 2020, Rabu (11/3/2020) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Tolitoli Tahun 2021. Musrenbang RKPD yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si dihadiri oleh unsur FORKOMPIDA, Anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat, Kepala Desa, Lurah, Kasubag Program, serta unsur masyarakat baik tokoh agama maupun tokoh masyarakat. Acara Musrenbang RKPD diawali laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Tolitoli, Halima Setyoningrum, SE.

Bupati Tolitoli dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si mengatakan bahwa Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tiolitoli yang akan diwujudkan pada tahun 2021 ke depan merupakan tahun ke-5 dari perlaksanaan dokumen perencanaan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD Kabupaten Tolitoli Tahun 2016 – 2021. Perencanaan pembangunan daerah bertujuan untuk mewujudkan pembangunan daerah dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan dan daya saing daerah. RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 disusun dengan mendasari hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dengan memperhatikan arah kebijakan pembangunan nasional dan kebijakan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah, serta mempertimbangkan sinergitas antar sektor dan antar wilayah sebagaimana yang tertuang dalam rancangan RKPD kabupaten Tolitoli, selain itu penyusunan RKPD agar memperhatikan program dan kegiatan prioritas yang diusulkan melalui kegiatan Musrenbang dari Musrenbang Tingkat Desa hingga Tingkat Kecamatan. Bupati Tolitoli juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk memfokuskan capaian dan sasaran yang ingin dicapai pada tahun 2021. Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli mengangkat tema “Peningkatan Infrastruktur Daerah dan Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas dan Daya Saing Daerah” serta terdapat 11 (sebelas) prioritas daerah. Akhir sambutannya Bupati Tolitoli mengharapkan adanya sinergitas antara kebijakan Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Nasional serta kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak swasta.

Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli Chrisman Isol, SE saat menyampaikan paparan mengenai Rancangan Akhir RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 menyampaikan bahwa dalam mengatasi kemiskinan perlunya memprioritaskan pembangunan pada Desa yang masih sangat tertinggal berdasarkan ukuran Indeks Desa Membangun (IDM). Beliau juga menyampaikan bahwa perencanaan yang baik adalah perencanaan yang didasari oleh data yang lengkap dan didukung oleh hasil evaluasi. Turut menyampaikan sambutan dan materi paparan pada acara Musrenbang RKPD adalah Drs. H. Zainal Daud yang membawakan sambutan Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli, Moh. Randi Saputra serta Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Ir. Hasanuddin Atjo, MP. Sedangkan pada sesi kedua penyampaian paparan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang Ir. Fadjar Suko Syuhadha, MT, Kepala Dinas Perindustrian Najaruddin Lanta, SH., MH., MBA dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukirnov Larate, SH.   

Pada acara tersebut juga dilakukan penerimaan Penghargaan MOLRIPAKATAN yang pembacaan Surat Keputusan dibacakan oleh Kepala Bidang Perencanaan Umum dan Pengendalian Pembangunan. Penghargaan MOLRIPAKATAN merupakan bentuk penghargaan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli kepada Kasubag Program Perangkat Daerah terbaik dalam penyusunan dokumen perencanaan dan pelaporan selama tahun 2020 yang terdiri dari 4 (empat) nominasi masing-masing; 1) Bidang Infrastruktur, 2) Bidang Perekonomian, 3) Bidang Sosial dan Budaya, 4) Kecamatan. 

 

Read Offline:
Posted in