Berita

Musrenbang Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Tolitoli dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021

Musrenbang Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Tolitoli dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2021

Read Offline:

Tolitoli – Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD tingkat kecamatan atau yang biasa disebut Musrenbang kecamatan merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa/Kelurahan yang terintegrasi dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota di wilayah kecamatan.

Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli, Chrisman Isol, SE dalam sambutannya saat membuka Musrenbang Kecamatan Galang mengatakan bahwa salah satu tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah yaitu pelaksanaan MUSRENBANG Tingkat Kecamatan, dimana kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perencanaan pembangunan daerah yang diwujudkan dengan prinsip partisipasi dan peran aktif seluruh warga masyarakat baik selaku penggagas sekaligus sebagai pelaku dan penikmat hasil-hasil pembangunan daerah. Beliau menambahkan bahwa hendaknya Kegiatan Musrenbang menghasilkan usulan prioritas kegiatan yang mampu mendukung tercapainya target pembangunan tahun 2021 yang telah ditetapkan dalam Perubahan RPJMD Kabupaten Tolitoli Tahun 2016 – 2021. Untuk itu perlu memperhatikan tema pembangunan sebagaimana telah dituangkan dalam Rancangan Awal RKPD Tahun 2021 yaitu “ Peningkatan Infrastruktur Daerah dan Sumber Daya manusia dalam Mewujudkan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas dan Daya Saing Daerah”, 11 (sebelas) prioritas daerah serta didasari oleh hasil kinerja pembangunan yang dicapai pada tahun sebelumnya, permasalahan dan isu strategis yang akan dihadapi pada tahun pelaksanaan dan kebijakan pembangunan baik tingkat pusat maupun tingkat provinsi. Berdasarkan amanat Permendagri Nomor 98 Tahun 2018 pasal 12 bahwa pemerintah daerah menyusun dokumen rencana pembangunan daerah meggunakan perencanaan berbasis elektronik daerah/eplanning yang terintegrasi dengan perencanaan pembangunan nasional, dan juga sebagaimana amanat Permendagri 79 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) , untuk itu Pemerintah Kabupaten Tolitoli dalam penyusunan dokumen perencanaan tahun 2021 mengupayakan semaksimal mungkin untuk menggunakan perencanaan berbasis elektronik / eplanning mulai dari tahapan musrenbang desa, musrenbang kecamatan sampai dengan penginputan program dan kegiatan ke dalam dokumen RKPD.

Musrenbang Kecamatan Lampasio

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, Senin (10/02/2020) juga dilaksanakan di Kecamatan Lampasio yang dibuka langsung oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Tolitoli, Halima Setyoningrum, SE dan di Kecamatan Dampal Utara dibuka langsung oleh Kasubid Perencanaan Umum Bappeda Kabupaten Tolitoli, Ahdan, SE., M.P.W. Sekretaris Bappeda Kabupaten Tolitoli, Halima Setyoningrum, SE mewakili Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan. Sedangkan Kasubid Perencanaan Umum Bappeda Kabupaten Tolitoli, Ahdan, SE., M.P.W dalam sambutannya mewakili Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli mengatakan bahwa sesuai Permendagri 86 Tahun 2017, perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi pada proses menggunakan 4 (empat) pendekatan yakni; a) teknokratik, b) partisipatif, c) politis dan d) atas-bawah dan bawah-atas. Berdasarkan pendekatan ini dapat dipahami bahwa dalam penyusunan RKPD selain berasal dari usulan masyarakat saat pelaksanaan musrenbang, juga perlu memperhatikan kajian-kajian perencanaan yang termuat dalam dokumen perencanaan Perangkat Daerah (teknokratik) serta kebijakan pembangunan baik pusat maupun provinsi (atas-bawah dan bawah-atas). Hal ini nantinya akan dilakukan pembahasan dalam Forum Perangkat Daerah.

Musrenbang Kecamatan Dampal Utara

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Tolitoli Tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 10, 13, 17 dan 18 Februari 2020. Kegiatan serentak dimulai Senin (10/02/2020) di 3 (tiga) Kecamatan.  yang dihadiri oleh DPRD, Perangkat Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan dan perwakilan masyarakat lainnya. Perangkat Daerah yang hadir saat musrenbang kecamatan juga memberikan penjelasan terkait kegiatan yang diusulkan seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tolitoli, Saifuddin, ST., SH yang mengatakan bahwa dalam pengusulan kegiatan ke kementerian seperti pada Dana Alokasi Khusus tidak semudah yang di bayangkan Karena harus melewati berbagai tahapan verifikasi. Terkadang kegiatan yang telah diusulkan terkendala hanya kerena hal-hal yang non teknis. Untuk itu hendaknya kegiatan usulan prioritas benar-benar sudah dilengkapi oleh dokumen pendukung seperti pembebasan lahan jika ingin mengusulkan jalan sehingga nantinya saat Dinas PUPR megajukan usulan ke kementerian tidak lagi terbentur hal-hal yang nonteknis tersebut. (@h&)

Read Offline:
Posted in