Berita

Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si Memimpin Rapat Terakhir Beliau Dalam Memasuki Masa Purna Bhakti

Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si Memimpin Rapat Terakhir Beliau Dalam Memasuki Masa Purna Bhakti

Read Offline:

Tolitoli – Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Bapak Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si pada hari terakhir beliau bertugas sebagai Aparat Sipil Negara (ASN) sebelum mamasuki masa Purna Bhakti, tetap menjalankan tugas dan tanggungjawabnya sebagaimana biasanya. Hal ini dapat dilihat dimana beliau memimpin rapat Penentuan Pagu Indikatif dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Tahun 2021 Senin (31/8/2020) bertempat di Suwot molripakatan (aula Bappeda Kabupaten Tolitoli). Kegiatan rapat yang berakhir sampai jam 17.30 Wita ini di hadiri seluruh Tim Penyusunan RKPD Tahun 2021 dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) seperti Kepala Badan Keuangan Daerah dan Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli.
Salah satu yang menjadi pokok pembahasan dalam rapat tersebut adalah terkait Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 yang harus diinput ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Dalam hal kebijakan pengalokasian Anggaran yang menjadi pagu indikatif, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai kebijakan dalam penyusunan RKPD Tahun 2021 :
1. Permasalah pembangunan seperti pengentasan kemiskinan dan penanggulangan Gizi Buruk.
2. Pemenuhan Realisasi PAD.
3. Peningkatan Produksi nilai tambah masyarakat.
4. Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi atau minimal mempertahankan
5. Peningkatan Infrastruktur
6. Prioritas Pembangunan terutama dalam Pemenuhan target Indikator Makro RPJMD.
Kepala Bappeda Kabupaten Tolitoli, Chrisman Isol, SE pada kesempatan yang sama juga menjelaskan bahwa pada penentuan pagu indikatif juga akan memperhatikan besaran alokasi anggaran yang akan mengakomodir Usulan Musrenbang dan Pokok-Pokok Pikiran DPRD tetapi tetap berpedoman pada apa yang telah menjadi kebijakan dalam penyusunan RKPD tahun 2021.
Selain hal tersebut di atas, juga dibahas mengenai besaran Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Tahun 2021. Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs. Mukaddis Syamsuddin, M.Si mengatakan bahwa pengalokasian TPP Tahun 2021 dimana direncanakan akan terjadi kenaikan alokasi anggaran dibandingkan dengan Tahun 2020, sudah tentu akan berdampak pada pengurangan alokasi belanja langsung yang ada di Perangkat Daerah dan ini menjadi perhatian khusus bagi Tim Penyusun RKPD dan TAPD dalam menentukan pagu indikatif serta Plafon Anggaran. Diperlukan ketepatan dan kecermatan dalam menentukan kegiatan-kegiatan mana saja yang akan dibiayai di Tahun 2021 sehingga dalam hal ini pencapaian terkait rumusan kebijakan yang termuat dalam RKPD Tahun 2021 akan terpenuhi dan Pemenuhan TPP dalam rangka peningkatan Kinerja dan Kesejahteraan ASN dapat dilakukan.

Read Offline:
Posted in